Friday 17 February 2017

London Trip

Apabila kamu berminat untuk mengunjungi London, siap-siap! London ga akan habis dijelajahi dalam waktu dua minggu pun. Kalau diambil landmark dan attraction yang penting-penting aja dan jadwal padat sih bisa seminggu ya hehe. Saya pribadi ke London karena mau mengunjungi suami selama dua minggu sehingga jadwal keliling muter-muter London dibuat santai.

Well, sekedar berbagi tips untuk jalan-jalan di London dan sekitarnya, menurut pengalaman saya ini nih yang perlu diketahui!

Pounds
Saya pribadi uangnya euro karena dari Belanda dan terbiasa cashless sehingga malas menukarkan uang ke pound karena akan banyak pegang receh di mana akan boros juga ujungnya hehe. Saya memutuskan untuk bayar-bayar paka card (euro currency). Ternyata, hal ini ga rugi-rugi amat karena rate yang dikenakan masih masuk akal dibanding harus repot insecure bawa cash dan banyak receh malah boros jajanin recehnya. Bila dihitung dengan Bank ABN Amro, pengali dari pound ke euro sekitar 1,2 (antara 1,17... - 1,19...) sudah termasuk biaya adm yang cuma 0,15 euro per transaksi.

Kalau mau lebih murah rate nya, memang enak jajan pakai pound sih. Kamu bisa juga ambil uang euro di stasiun-stasiun underground London pada mesin-mesin Fee-Free Cash Withdrawals yang detail lokasinya bisa dilihat di sini. Setelah ambil uang euro bisa tukarkan euro ke pound. Saya memang ga coba satu persatu money changer, tapi saya lihat di Covent Garden rate nya hampir sama dengan rate Bank ABN Amro (murah dikit) dan ga pakai komisi a.k.a. free. Banyak juga teman-temn Indonesia yang rekomendasikan tempat ini.

Covent Garden FX
30a Jubilee Market Hall
Covent Garden London WC2E 8BE

Gimana cara ke sananya? Nah, tenang aja! Transportasi di London ini walau puyeng dan ribet karena banyak tube lines nya, tapi ada juru selamat bernama city mapper.

City mapper
Kamu bisa unduh aplikasi ini di handphone kamu dan ketiklah alamat yang dituju seperti layaknya kita pakai gmaps biasa. Kita akan dipandu dengan detail ke tempat tujuan. Jangan sedih ga ada paket internet di London karena setiap stasiun underground ada wifi nya virgin free media. Namun, memang sayangnya harus pakai nomor UK dulu untuk daftarnya. Jadi mungkin beli aja nomor UK, isi 10 pounds ajah (bisa ga ya isi 5 pounds aku kurang tau juga haha) dan pay as you go, jadi ga usah dipaketin apa-apa. Jangan pakai instagram karena paket data akan habis dan setiap butuh nternet cari aja wifi, most of the time ketika saya butuh internet kayaknya ada sih.

Karena bulan ini suami saya full kuliah, saya jalan-jalan London muter-muter sendirian pakai city mapper Alhamdulillah dengan perlindungan Allah aman dan sampai kok ke tujuan. Lalu, bagaimana dengan baiya transport nya muter-muter London. Ini dia (cuma salah satu) yang bikin bokek haha!

Oyster Card
Walau transportasi di London tergolong mahal, namun banyak banget promo-promo yang ditawarkan. Salah satunya adalah paket trip Oyster Card. Biayanya tergantung dengan zona kamu akan commute. Saya, tinggal di zona 3 dan muter-muter tentu bisa lebih bebas bisa zona 1-3. Namun kalau kamu bisa dapat penginapan di zona 2, jatuh nya akan lebih murah transportnya sih karena rata-rata tempat wisata ada di zona 1-2. Kamu bisa pilih paket 7 days zone 1-2 trip dan kalau mau ke greenwich atau misalnya wembley park bisa bayar ngeteng. Dengan paketan oyster ini kamu bisa jalan-jalan sepuasnya untuk bus dan tube. Harganya kemungkinan berubah tergantung tahun, info harga lengkap nya saya lihat di sini sangat bermanfaat.

Promo lainnya adalah perjalanan Bus dari airport bisa aja kamu dapet welcome reward cash back 15 pounds dari sini. Oiya perlu diperhatikan kalau misal milih pesawat dan bandara di London perlu hati-hati. Biasanya bandara-bukan Heathrow transportasi ke kota menggunakan kereta atau bus sehingga ada expense yang perlu dikeluarkan. Kalau Heathrow sih dari zona 3 cuma 1.5 pounds per journey naik tube (pakai paket oyster zone 1-3).

Makanan
Banyak banget makanan halal di London. Bahkan KFC pun ada yang halal. Hehe aseek kan, walaupun buat saya sih makanan paling enak makanan Indonesia, tetep aja di eropa kurang greng. Kalau mau irit sih masak sendiri bisa beli bahan makanan di Tesco atau Sainsbury. Cuman, kalau lagi mau makan di luar bisa pilih berbagai macam pilihan makanan halal karena di London ini banyak banget pilihannya.

Saya di London juga bukan wisata kuliner, jadi ga cobain banyak makanan. Bagi saya ga sayang sih, soalnya eropa ini makanannya sama aja sepertinya (kecuali italia dan roti prancis). Tapi seneng banget bisa cobain makanan India enak dan tempatnya romantis dan juga ruame banget, antrian waiting list bisa mengular : Dishoom. Yey! Makanan ini enak dan (katanya) halal. Satu rekomendasi saya lagi, kali ini untuk makanan Indonesia (Melayu) yaitu Rasa Sayang. Walaupun saya ga cobain sih, tapi banyak review bagus buat resto ini.

Oiya selain itu ada warung kopi gitu di UK ini yang ada di mana-mana, Pret A Manger (hampir semua produk kemanisan) dan Costa (rasanya kurang manis) yang bisa buat singgah sebentar kalau mau makan bekal (teteup) sambil nyeruput hot chocolate wakakak. Saya pribadi seneng minum hot chocolate karena sering kedinginan, tapi lebih suka hot chocolate di albert hein Belanda (walau terlalu susu), selain sturbucks tentunya (yang sayangnya agak mahal itu) haha.

Hmmm sepertinya itu aja yang perlu dikantongi untuk bisa explore London. Mengenai tujuan wisata sebetulnya selera aja, tapi boleh lain kali saya share dua minggu di London bisa ngapain aja.

No comments:

Post a Comment