Monday 17 April 2017

Paris Trip

Bagi yang mau ke Paris tapi ga punya banyak waktu, saya saranin pergi 2 hari aja apabila mau ke Versailles. Well, tapi kalau masih sibuk di tengah-tengah padatnya tugas kerja atau kuliah, paris dalam waktu sehari, kurang dari 24 jam, kenapa ngga?

Paris Visite
Siapkan Paris Visite 1 jour (1 hari) yang bisa di beli dari mesin tiket di stasiun metro. Tiket ini berlaku untuk semua metro dan semua bus seharian penuh tapi harganya beda-beda tergantung zona. Pilih zona 1-3 apabila berangkat dan kembali ke stasiun bus internasional seperti Gallieni Station. Kalau mau ke versailles pakai zona 1-4 (gak bisa satu hari ajah). Kalau mau muter-muter paris seharian di tengah kota mungkin cukup zona 1-2 dengan paris mobilis - pasti lebih murah. Untuk paris visite zona 1-3 harganya 11.56 euro.

Rute Perjalanan
Gallieni
Berangkat dari Amsterdam malam sampai Paris early morning bisa menghemat pengeluaran untuk akomodasi kamu. Kami lakukan itu, bahkan pulangnya pun di hari yang sama ambil Bus malam sampai Amsterdam pagi banget begitu juga sampai London. Konsekuensi nya badan pegel walau tetep hepi. Alhamdulillah. Nah, best route yang kami lalui adalah sebagai berikut:

Eiffel Tower
Dari stasiun bus naik metro aja ke tengah kota, tujuan pertama adalah Eiffel Tower. Selain supaya rutenya bagus ga bolak balik, ternyata kalau mau naik ke tower nya harus antri panjang banget jadi harus dari pagi ke sini. Kami sudah sampai jam 9 kurang aja udah antri banget. Jadilah kami memutuskan ga naik ke atas karena : antri panjang, takut ketinggian, waktu mepet, dan untuk menghemat. Walaupun bisa mesra-mesraan sama kekasih halalku di atas salah satu kota romantis dunia, yaudah lah ya ga usah naik ke atas. Biar cepet dan menang banyak muterin semua tempat. Inget, waktu kita cuma sehari.
Oiya, kalau sempat kunjungi eiffel sunset sampai malam beruntung sekali karena kelap kelipya bisa dinikmati setiap jam sekali dan hanya 5 menit aja light shownya.

Pont de l'Alma (Tourist Boat Tour on the river La Seine Paris, France)
Setelah puas foto-foto di jardin (garden) depan eiffel, kami menuju ke Pont de l'alma untuk janjian sama temen kami kang eja #rezatour wakakak. Awalnya doi sarankan naik aja boat tour nya, bisa keliling paris hanya dalam waktu sejam bisa lewatin semua main attraction di paris. Tapi karna waktu dan untuk menghemat, kami ga ikutan tour. Janjian di jembatan aja lah, yang kebetulan tempat terowongan Lady Diana meninggal. Anw, pont artinya jembatan.

Arc de Triomphe
Dari jembatan lady diana (sebut saja gitu ya) haha! kami ke Arc de Triomphe dengan metro. Lupa euy statsiunnya apa, coba aja google maps atau mapper. Dan Alhamdulillah cuaca cerah.

Pont Alexandre III
Setelah itu, kami jalan. Yah, namanya juga jalan-jalan, ternyata paris kecil dan bisa di lalui pakai kaki ajah. Positifnya, kita bisa asik menikmati matahari yang jarang-jarang ditemuin di Eropa yang baru mulai spring ini, udah gitu rutenya tinggal lurus aja kok jalannya, kotanya cantik lagi. Sepanjang jalan kenangan itu namanya Avenue des Champs Elyses. Negatifnya ya capek sih mak.
Oiya, perjalanan dari Arc de Triomphe ke Pont Alexandre bisa lewatin macem-macem, ada shopping area, Grand Palais, Petit Plais, terus banyak yang caem qaq bangunannya minta dipotret.

Grand Palais

Pont Alexandre III cantik menghadap ke eiffel

Jardin des Tuileries
Jalan Avenue des Champs Elyses kalau diterusin lagi, kita sampai ke Biaglala dan Monas nya Paris. Semua ada di Jardin des Tuileries. Ini kesukaan saya sih, karena ada eskrim cone yang ENAK banget dan kita bisa duduk cantik bermandikan cahaya matahari makan crepes. OMAGA. Alhamdulillah yah. Di jardin ini, ada juga Obelisque de Louxor (Monas) dan the Big Wheel (Bianglala). Ngapain juga sih ya naik bianglala, mending makan eskrim pinggir danau tengah jardin. Jardin nya btw cantik banget juga.

Musee du Louvre
Lurus lagi kita bisa liat Musee du Louvre. Ini sih pengen banget masuk, tapi antrinya ampun, udah ga 26 tahun jadi mesti bayar, dan udah laper huhu. Jadinya foto di depannya aja. Udah hepi karena caca cerah. Tapi spot foto paling favourit saya sebetulnya ada bunderan isi pohon bentuk dan bunga dengan background segitiga dan Museum Louvre-nya. Kebetulan saya baru tau sebetulnya ya Musee du Louvre ya nama museumnya, segitiga kaca itu mah tambahan dan baru aja dibikin.

Ga pernah tau ada gate ini yang cantik banget di sebrang Louvre

River Seine - Paris-Plages
Nah, tujuan utama abis dari Louvre sih Notre Dame. Tapi ternyata bisa ngelewatin sungai Seine dan kalau summer, pinggiran sungai ini dijadiin pantai buatan gitu. Dulu liat di tipi ada pantai buatan di Paris hehe. Walau belum summer jadi belum ada pantainya, tapi tetep unyu sih menurut saya jalan santai pinggiran sungai.

Notre Dame Cathedral
Di Notre Dame kami foto di depannya ajah. Rame banget deh di sini, karena ada juga hall terbuka yang besar banget dan ada Titik 0 Perancis. Alhamdulillah dah injek titik nol nya, jadi katanya bisa balik lagi ke sana. Aamiin. Harus ke sini ya. Nah habis ini makan dulu, baru ke masjid. Saya bahas di bagian makan enak ya tentang tempat makannya!

The Grande Mosque de Paris
Last but not least! kami ke Masjid agung perancis. Sekalian sholat dan ternyata subhanallah bagus baget masjidnya. Tapi sebetulnya jadi lebih pengen banget ke mekah, madinah, dan cordoba. Walau masjid paris mirip-mirip masjid tanah abang yg di lantai atas itu, tapi bunga-bunga dan tamannya ga ada yang kalahin. Jadi motivasi dan isnpirasi untuk model bangunan masjid nih.

Makan Enak
Kalau ke paris ga cobain makan traditional french cuisine sih bhay ajah! Kami makan di dekat Notre Dame, di Rue Saint-Severine nama restaurant nya Le Sainsev'. Recommended banget kak. Makanan tersaji lengkap dengan table manner dan 3 courses mulai dari appetizer, main course, dan dessert. Suasanan restaurant nya romantis lagi.

Kiri atas ke kanan bawah : 1. Beignets de calamars, 2. Moules à la crème, 3. Escargots, 4. Soupe de poissons, 5. Côte d'agneau, 6. Saumon rôti, 7. Cuisse du confit de canard, 8. Crème brûlée, 9. Tarte tatin
The Romantic Le Sainsev'

Kabar sangat sangat baiknya adalah harganya mahasiswa banget jangan sedih jangan khawatir. 16 euro aja untuk menu gourmet nyah kakakk!

Helpful Things
RATP
Kalau di atas-atas bingung saya cuma sebutin rutenya tapi ga jelasin naik metro apa nomor berapa turun mana, jangan sedih. Siapin pulsa, paket internet, untuk google maps buat rute jalan, dan RATP untuk mapper bisa sekalian buat informasi transportasi di Paris.

#rezatour
Atau kalau ga mau ribet dan pasti dapet trip aman, nyaman, dan tenang bisa hubungin kang eja instagram @nurizki25 siap nemenin asal waktu cucok. Bisa ditanya-tanya kak for further details. Kalau mau jalan-jalan rombongan, belanja, group kecil, apa aja lah. Aih, bakal berkesan deh pokoknya!

Awalnya, saya kurang tertarik sama Paris, tapi suami saya ajakin ke Paris. Seneng bukan main dong diajakin romantis-romantisan. Dipikir-pikir, masa sudah di eropa ga ke Paris? Tapi akhirnya saya tau, kenapa orang senang sekali ke Paris. [Makasih ya suami, udah ajakin aku ke Paris]. Walau akhirnya kami pulang ke tempat yang beda, suami naik bus ke London saya ke Amsterdam, semoga cepet ketemu lagi ya secepatnya banget sangat segera. Aamiin. #maafincurhat

Sampai jumpa di jalan-jalan berikutnya!

1 comment:

1. TERIMA JASA TOUR GUIDE PARIS & EROPA ( PARIS, ITALY, UK, BELANDA, BELGIA, SWISS, DLL )

Cocok untuk yang ingin menghemat waktu & tidak tahu kota/negara yang akan dikunjungi

KEUNTUNGAN :
    1. Menghemat waktu dari pada harus mencari lokasi/ takut nyasara
    2. Biaya terjangkau/ bias nego
    3. Waktu fleksibel ( hubungin terlebih dahulu )
    4. Tour guide bisa berbicara Bahasa Indonesia dan Inggris
    5. Free antar jemput ke bandara
    MENERIMA JASA PENYEWAA MOBIL + SUPIR EROPA ( PARIS, ITALY, UK, BELANDA, BELGIA, SWISS, DLL )
    1. Supir bisa berbahasa Inggris & Indonesia
    2. Mempunyai SIM Eropa
    3. Supir sangat berpengalaman dan professional

Apabila kurang yakin dan ingin melihat testimonial bisa menghubungi contact dibawah ini. Terima Kasih